8 Stars of Pharmacist

3 atau 4 tahun lagi, insyaAllah saya akan menjadi seorang farmasis dan masih baru-baru ini saya mengetahui tentang 8 stars of pharmacist. jadi mumpung saya ingat, akhirnya saya googling dan menemukan ini. silahkan dibaca :)

Apa itu 8 (eight) Stars of Pharmacist ??


8 (eight) Stars of Pharmacist adalah suatu nilai-nilai yang harus dimiliki sebagai seorang farmasis untuk bisa memberikan pelayanan dan kontribusi yang baik dalam pekerjaan maupun kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Berikut delapan bintang yang dimiliki oleh seorang farmasis :


  1. Leader : seorang farmasis harus punya jiwa kepemimpinan yang kuat, baik memimpin diri sendiri, atau orang lain dan tanggung jawab dalam semua hal yang menyangkut kesejahteraan pasien dan masyarakat. 
  2. Decision Maker : Seorang farmasis harus berpondasikan kecocokan, kemanjuran, aman dan harga yang efektif serta memainkan peran dalam penyusunan kebijaksanaan obat-obatan.
  3. Communicator : Seorang farmasis harus bisa menjelaskan informasi kesehatan dan obat-obatan pada masyarakat serta berpengetahuan dan percaya diri ketika berinteraksi dengan tenaga kesehatan.
  4. Long Life Learner : Seorang farmasis harus belajar bagaimana menjaga ilmu pengetahuan dan keterampilan mereka tetap up to date.
  5. Teacher : Seorang farmasis tidak hanya membagi ilmu pengetahuan pada yang lainnya, tapi juga memberi peluang pada praktisi lainnya untuk memperoleh pengetahuan dan menyesuaikan keterampilan yang telah dimilikinya.
  6. Care Giver : Seorang farmasis mampu menjelaskan gaya hidup sehat, simptom penyakit serta pelayanannya harus dengan mutu yang tinggi.
  7. Manager : Seorang farmasis harus bisa mengelola dan mengatur segala sumber daya (SDM, fisik dan keuangan) dan informasi secara efektif serta tanggung jawab yang lebih besar untuk bertukar informasi tentang obat dan produk yang berhubungan dengan obat serta kualitasnya.
  8. Researcher : Seorang farmasis harus bisa menggunakan sesuatu berdasarkan bukti (ilmiah, praktek farmasi, sistem kesehatan) yang efektif dalam memberikan nasehat pada pengguna obat secara rasional dalam tim-tim pelayanan kesehatan. 

sebagai soarang farmasis bisa di bilang harus atau wajib menjalankan nilai-nilai yang disebutkan diatas demi terciptanya harmonisasi antara dunia farmasi dengan masyarakat yang ada.

Semoga info ini bermanfaat. Be a good pharmacist.

This entry was posted on Thursday, May 26, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “8 Stars of Pharmacist”

  1. dulu waktu aku kuliah masih seven star lho :)

    *ini bukan karena tema lemparan lomba kemarin kan inspirasinya? hihihi

    ReplyDelete