Pendidikan dari Internet, Resolusi Juara 2012

Siang yang cukup hot di sebuah ruangan kelompok studi.
S (saya): tugas kalian udah selesai? *memulai pembicaraan*
sebut saja A (SSA): belum
S: lho kok pada nggak ngerjain tugas?
sebut saja B, temen sekelompok A (SSB, TSA): internetnya nih
S: halah, kayak biasa dong?
SSA: iya, di kosku juga gitu
sebut saja C (SSC): di kosku juga gitu, jadi nggak bisa cari bahannya
S: makanya ke rumahku ajaaa, ada speedy lhooo, wifi pula, hehe
*SSA pegang buku siap nglempar *SSB, TSA ngliatin sebel


Nah, itulah sepenggal kisah nyata antara saya dan beberapa teman saya. Sebenarnya internet itu apa sih? Tidak perlu dijelaskan pastinya pembaca sudah mengerti, sudah pergantian tahun ini lhooo...

Internet (interconnection network) merupakan sebuah sistem global yang saling berhubungan dengan menggunakan TCP/IP untuk melayani seluruh penggunanya yang tersebar di seluruh dunia. Saat ini, sudah barang pasti kalau internet memudahkan penggunanya dalam mencari dan menggali informasi-informasi yang dibutuhkan. Tidak hanya untuk penggunaan di bidang pendidikan saja internet digunakan, tetapi juga actual news, social network, entertainment, olahraga, dan masih banyak lagi.

Dalam dunia pendidikan, semakin hari kebutuhan akan internet semakin tinggi sehingga tidak jarang kalau sekarang ini internet masuk desa bukan hanya sebuah impian belaka. Keinginan untuk mencerdaskan anak bangsa dengan membawa internet ke daerah-daerah di luar perkotaan menjadi sebuah langkah besar. Kok bisa gitu? Karena internet merupakan salah satu sumber ilmu, yang apabila dimanfaatkan dengan semestinya dapat berdampak sangat baik.

sumber: rakyatmerdekaonline
Sepenggal kisah di awal tadi juga menceritakan seberapa pentingnya internet dalam pendidikan khususnya dalam mencari informasi-informasi aktual seperti perkembangan penelitian di bidang kesehatan. Jurnal-jurnal online yang dibutuhkan juga lebih mudah dicari. Di perkuliahan, internet yang biasanya digunakan hanya untuk mencari tugas dan mengikuti info-info aktual, sekarang ini sudah mulai merambah dengan digunakan untuk mengirim materi kuliah atau tugas kuliah lewat email. 


Tetapi, dibalik semua itu, kelabilan internet semakin dipertanyakan. Terkadang kecepatannya tinggi, terkadang pula kecepatannya rendah. Lebih parahnya, kelabilan internet berbanding lurus dengan perkembangannya. Sedangkan kebutuhan internet dirasa tidak akan pernah turun.

Perkembangan kebutuhan tersebut menjadi alasan internet dikembangkan secara besar-besaran. Begitu juga dengan TELKOM Speedy. Salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan jasa internet tersebut mengembangkan pelayanannya dari tahun ke tahun. Kecepatan akses juga merupakan salah satu aspek yang ditonjolkan oleh telkomspeedy.

sumber: google

Selain itu, adanya paket-paket speedy akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam berlangganan internet. Paket indismart dan pesona edu yang ditawarkan juga merupakan salah satu bentuk dukungan dari telkomspeedy dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan dari hal tersebut, resolusi juara 2012 menjadi semakin mungkin untuk direalisasi. Karena pendidikan adalah kunci utama untuk menjadi juara :)




This entry was posted on Thursday, January 5, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “Pendidikan dari Internet, Resolusi Juara 2012”

  1. aku juga mau ikut ini loh say
    *tapi masih mikir, tema apa*

    ReplyDelete