Timbuktu dan Palau :D

sudah lama tidak bloggiiiiiiiiiiiiiing :(
malam ini, aku mau cerita lagi tentang impianku dengan temanku pada malam... umm, kapan ya? pokoknya pada suatu malam.

R: malam ini aku mau ke Timbuktu
Q: mana itu? kalo aku ke Palau deh.

nah itulah pokoknya inti dari percakapan singkat kami, hehe. daerah yang jarang terdengar yang ingin kami kunjungi. cekidot! :p

1. Timbuktu (source)

Timbuktu (Koyra Chiini: Tumbutu, bahasa Perancis: Tombouctou) adalah sebuah kota di Mali, Afrika Barat. Kota ini adalah rumah dari Universitas Sankore dan madrasah lainnya, dan juga, kota ini adalah pusat dari penyebaran Islam di Afrika pada abad ke-15 dan abad ke-16. 3 Masjid utamanya, Djingareyber, Sankore dan Sidi Yahya, mengingatkan kembali kepada zaman keemasan Timbuktu. Walaupun terus bangkit, monumen ini sekarang dibawah ancaman dari desertifikasi.[1]

Kota ini dihuni oleh suku Songhay, Tuareg, Fulani, dan Moor. Kota ini sering kali dibilang terletak di Sungai Niger, namun sebenarnya terletak 15 km utara sungai itu. Kota ini juga berada di daerah persimpangan dari Perdagangan Trans-Sahara baik dari barat ke timur, sampai utara ke selatan. Kota ini dulu dan sekarang, merupakan tempat penyaluran garamTaoudenni.

Letak geografisnya membuatnya sebuah tempat pertemuan alami bagi populasi Afrika di sekitarnya dan suku Berber yang nomaden dan orang Arab dari utara. Sejarahnya yang panjang sebagai pos perdagangan yang menghubungkan Afrika Barat dengan Berber, Arab dan Yahudi melalui Afrika Utara, dan juga secara tidak langsung dengan pedagang dari Eropa, telah memberikannya status fabel, dan di barat, dia merupakan sebuah metafora untuk tanah jauh yang eksotik. Kontribusi Timbuktu yang panjang kepada kebudayaan Islam dan dunia adalah pelajar.

Kontribusi Timbukti terhadap dunia Islam adalah ilmu pengetahuan.[2] Pada abad ke-14 banyak buku penting ditulis dan dikopi di Timbuktu, membuat kota ini sebagai pusat tradisi tertulis penting di Afrika.

Arsitektur bangunan-bangunan yang ada di Timbuktu baguuus, tapi asal kita tahu, semua itu terbuat dari lumpur. tangan-tangan kreatif mengolahnya hingga terlihat begitu oke :D 

2. Palau (source)

Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.

dari buku naked traveler 2-nya trinity, aku jadi banyak tau tentang ini negaraaa. wisata alam yang indah, pantai dengan pasir putih, laut yang bersih, hutan tropis, danau, air terjun, pokoknya banyaaak! laut palau merupakan rumah dari 1.300 jenis spesies ikan dan 700 jenis spesies karang laut. indah banget yaaa pasti...

*someday, we'll know :D

This entry was posted on Friday, October 8, 2010 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

9 Responses to “Timbuktu dan Palau :D”

  1. yeaaah itu gambar Universitas Shankoreee!!


    *ada di game :p

    ReplyDelete
  2. ada di game??? waaaaaaaah. keren sekali arsitekturnya :D

    ReplyDelete
  3. adaaa :D


    kalau adikmu bermain Civilization 4, pastilah kenal bangunan inii :)

    ReplyDelete
  4. wahahaha ya nanti aku tanya mas. nggak apal dia ngegame apa aja :p

    ReplyDelete
  5. hhahaha

    masa diapalin adikmu nge game apa ajaa :p

    ReplyDelete
  6. hahaha jawabanku konyol ya mas :p

    ReplyDelete
  7. ya namanya juga sama adik sendiri :D


    ada lagi Spiral Minaret di Iran (atau di Timur tengah gitu), bentuknya unik :)

    ReplyDelete
  8. apakah ada ajakan berputar keliling dunia seorang diri lagi?


    sepertinya kali ini akan "bepergian bersama" :)

    ReplyDelete