anak-anak

Tadi ada acara di Metro TV, judulnya Jakarta Jakarta. Topik utama yang mereka angkat tentu saja Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini. 

Di kawasan Pantai Utara Jakarta, tepatnya di Pantai Cilincing, ada sebuah tempat pelatihan sirkus untuk anak-anak yang sudah berdiri kurang lebih selama 3 tahun di kawasan tersebut yang dinamakan Hidung Merah Circus, dimana pesertanya adalah anak-anak kecil dari lingkungan tersebut. Disana mereka tidak hanya diajari bermain sirkus, tetapi juga diajari bahasa Inggris oleh teman Dan Roberts yang berasal dari Indonesia. 

Sirkusnya sendiri diajarkan pemain sirkus profesional, Dan Roberts yang berasal dari Chicago, USA. Dalam tayangan tersebut dia terlihat sabar dalam menghadapi anak-anak didiknya dan mereka terlihat akrab. 

Dari kerja kerasnya dalam melatih anak-anak tersebut selama ini, mereka akhirnya bisa tampil dalam pertunjukan di televisi.

http://rednosecircus.files.wordpress.com/2009/11/dscf5380.jpg

Salut banget deh dengan programnya :D

Tapi bukan hanya itu yang ingin ku bicarakan. Dunia anak khususnya dunia jalanan adalah potret kehidupan anak yang sangat keras. Dimana seharusnya anak-anak dibawah umur mendapat perlindungan dari orang tuanya maupun pemerintah, tetapi kenyataannya mereka harus bergelut dengan panas debu kota untuk pergi mencari uang bahkan kadang mendapat kekerasan.

Hingga tahun 2010 ini, jumlah anak jalanan mencapai sekitar 232ribu anak yang tersebar di seluruh Indonesia (metro tv). Kalau mau membayangkan kira-kira bisa memenuhi 3 tribun stadion MU, itu kata kakakku. Banyak banget kan?


Padahal udah ada program wajib belajar 9 tahun, program BOS, dan lain sebagainya yang disediakan oleh pemerintah untuk mereka. Tapi kenapa masih sebanyak itu anak-anak yang tidak berada di tempat yang nyaman, tempat mereka mendapatkan pendidikan yang layak dan mendapatkan tempat tinggal.

Besok, InsyaAllah, kalau aku udah sukses, InsyaAllah bakal ada rumah harapan buat kalian, walaupun nggak semuanya, paling tidak bisa membantu, amin :)

Well, semoga ke depannya, mereka segera mendapatkan apa yang layak mereka dapatkan dan by the way, SELAMAT HARI ANAK NASIONAL! :D

This entry was posted on Friday, July 23, 2010 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply